Flash News
Mail Instagram Pinterest RSS
Mega Menu

PEMASANGAN HANDLE PINTU RUMAH

Handle pintu merupakan bagian penting dari sebuah pintu. Selain berfungsi untuk membuka pintu, handle juga memiliki nilai estetika untuk pintu. Menurut jenisnya handle pintu terbagi menjadi 2 jenis yaitu Pull Handle dan Lever Handle. Sedangkan dari segi bahannya handle pintu terbagi atas Handle Stailess Steel, Brass / Kuningan, Besi, Kayu, Dll. Selain dari fungsi dan bahan handle pintu juga tebagi atas material solid (Padat) atau kosong(Kosong tengahnya).


Berikut ini beberapa tips memilih Handle pintu untuk pintu rumah anda :
•    Sesuaikan ukuran Handle yg akan anda beli dengan ukuran pintu anda, jangan memilih handle yg terlalu kecil untuk ukuran pintu anda walaupun handle tersebut terlihat bagus pada pintu anda. Hal tersebut akan membuat handle cepat rusak.
•    Fungsi dari Handle pintu ada lah sebagai alat untuk membuka / menutup pintu. Jadi anda harus jeli memilih handle pintu yg berkualitas dan tahan lama dari segi bentuk / warna.
•    Jika kita memasang pintu untuk asrama / tempat penginapan tentunya handle / pegangan pintu tersebut akan lebih sering di gunakan sehingga kita harus memilih handle pintu yg lebih mengutamakan kekuatan.

Berikut tahapan memasang handle pintu rumah :
1.    Tandai posisi badan kunci, lubang silinder dan as handle pada daun pintu, serta pelat lawan (striking plate) di kusen. Pilih media yang dapat dihapus agar tidak merusak keindahan pintu.
2.    Lubangi daun pintu dan kusen sesuai dengan tanda yang telah dibuat (jangan sampai terjadi kesalahan karena fatal akibatnya).
3.    Pasang badan kunci. Pastikan posisi lidah pengait (latch bolt) sudah benar, sesuai arah bukaan pintu, kemudian pasang pelat lawan di kusen.
4.    Pasang silinder dan bautnya hingga rapat, kemudian pasang handle.
5.    Tes fungsi mekanis kunci dengan menekan handle dan memutar kuncinya. Handle pintu pun siap mengamankan rumah anda.

0 comments:

Post a Comment